jalanan Ramadhan

     

Ramadhan 2023, menjalani puasa tahun ini tetap masih di daerah Banda Aceh, jalanan sore dipenuhi oleh banyak orang yang membeli makanan dan minuman untuk buka puasa, beberapa hari ramadhan telah berlalu dan Alhamdulillah aku masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjalani ramadhan tahun ini dengan kecukupan yang telah ditetapkan.

Sore hari di Banda Aceh, utamanya di darussalam jalan menuju kampus UIN ar-raniry dan Universitas Syiah Kuala selalu dipadati oleh banyak orang, fenomena ini sudah berlangsung terus-menerus selama ramadhan dikarenakan tempat itu diramaikan oleh banyak mahasiswa yang belum pulang ke kampung halamannya. Bagi penjual makanan dan minuman saat ramadhan tentu menjadi keuntungan dengan padatnya orang-orang yang lalul-lalang mencari menu makanan dan minuman berbuka di sore hari. Apakah daerah  kalian memiliki tradisi  yang sama? 
  


Bagiku puasa tahun ini terasa ada yang kurang, karena belum memiliki pasangan halal yang bisa diajak sahur dan buka bersama heheh!. 
Tapi itu bukan suatu alasan untuk tidak terus semangat dalam menjalani ibadah yang agung ini. Karena hakikat dari pendamping yang sesungguhnya adalah dirimu sendiri(fikiran dan hati) yang bisa menyelamatkanmu dari belenggu kesepian. 

Puasa itu mungkin terasa berat bagi sebagian orang karena mereka takut tidak bisa makan enak di siang hari, tapi ketahuilah olehmu tertulis dalam qosidah burdah "Seringkali ia goda manusia dengan kelezatan yang mematikan.Tanpa ia sadar akan racun yang terdapat dalam lezatnya makanan"

Tuhan akan selalu menguatkan hamba-Nya. Semoga kamu yang membaca ini termasuk orang yang dikuatkan oleh Allah dalam segala hal baik. 


Comments

Popular Posts