kebaikan dan kejahatan


Aku selalu percaya dunia ini diciptakan untuk membedakan dua hal yaitu kebaikan dan kejahatan. Terkadang dalam diri manusia mereka tidak sadar memiliki dua sifat ini, mereka akan hancur ketika tidak bisa mengatur kedua sifat ini. Ketika dia menggunakan ilmu dan iman maka ia akan memunculkan kebaikan, dan apabila keinginan dan nafsunya diutamakan maka yang muncul adalah kejahatan. 

Setiap kita pernah melakukan kejahatan, baik yang disadari ataupun tidak. Manusia itu unik, ketika ia melakukan kejahatan ia merasa bersalah dalam hatinya, namun jika ada manusia yang tidak merasa bersalah ketika melakukan kejahatan maka ketahuilah kesombongan telah menguasi dirinya bahkan iblis terkejut pada perbuatannya. Kamu tentu pernah melihat pertengkaran diantara manusia, dan kamu juga pernah melihat kasih sayang antar manusia. Kedua hal itu akan terus ada hingga akhir dari dunia ini. 

Hari ini aku berpapasan dijalan dengan orang yang dalam perbuatan mengandung kejahatan, aku melihat dua anak manusia yang sedang berboncengan diatas motor, terlihat mereka seperti sepasang suami-istri. Terlihat jelas suaminya tidak ramah sambil terucap perkataan cela dari atas motor yang ditujukan pada sanga wanita yang dibonceng dibelakang, dan lelaki itu sambil berkata-kata marah mengendari motor, kemudian dia menamparkan tangannya pada body motor yang membuat wanita dibelakang terkejut. Terlepas dari apapun alasannya marah dengan menghantam sesuatu yang ada didekatnya bukanlah prilaku kebaikan. Cerita singkat itu adalah bagian-bagian dari banyaknya kejadian yang terus berlaku dalam kehidupan manusia(kebaikan dan kejahatan). 

Comments

Popular Posts